Bagaimana Burung Trulek Menipu Rubah ?

Diposting oleh Unknown on 6 Sep 2012



Burung Trulek





   Burung Trulek tergolong burung pantai dan terkenal karena melindungi anaknya dengan menipu pemangsanya. Bila seekor rubah atau musuh lain menuju sarangnya, trulek itu pura-pura terluka. Pemangsa pun melihat induk burung itu dan mengikutinya. Setelah musuh dialihkan ke suatu jarak yang aman dari sarang, trulek tidak lagi berpura-pura terluka dan segera terbang pergi.

   Orang mudah mengira bahwa trulek berpura-pura sakit secara sengaja untuk melindungi anaknya, tetapi para ilmuwan ragu-ragu apakah burung dapat berpikir seperti itu. Barangkali trulek itu dikuasai oleh naluri untuk melindungi telur atau anaknya. Di antara dua naluri itu tidak ada yang lebih kuat sehingga trulek bertindak dalam kebingungan dan kebetulan itu menipu pemangsa. Setelah pemangsa itu cukup jauh dari sarang tadi, naluri trulek untuk melindungi diri sendiri menjadi lebih kuat daripada naluri untuk melindungi sarangnya, lalu burung itu pun terbang.

sumber: Hamparan Dunia Ilmu Time-Life

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar