Simbiosis Mutualisme Hiu dengan Ikan Remora

Diposting oleh Unknown on 1 Agu 2012


Dalam suatu hubungan simbiosis mutualisme terkadang salah satu binatang memperoleh manfaat lebih besar daripada binatang lainya. Demikianlah halnya dengan ikan remora.
Remora adalah ikan aneh yang menumpang pada hiu dan mahluk lain dengan menggunakan pengisap pada bagian atas kepalanya. Remora memperoleh berbagai manfaat dari tumpangan bebas ini. Misalnya, remora menghemat energi sewaktu dibawa oleh hiu. Kalaupun terlepas dari binatang yang lebih besar itu, remora masih terbawa oleh gelombang buritan yang diciptakan hiu sewaktu bergerak.
Apalagi, remora mudah memperoleh makanan, dengan memakan krustasea kecil yang melekar di tubuh inangnya atau memakan sisa yang jatuh dari mulut hiu. Pemangsa pun enggan menyerang remora jika ikan kecil ini disertai seekor hiu.

  Hiu juga memperoleh manfaat dari simbiosis mutualisme ini yaitu ikan remora memakan parasit ikan hiu, namun tampaknya remora lebih beruntung dalam hubungan ini.


(sumber: hamparan dunia ilmu time-life)

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 6 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

nice info :3

erik mengatakan...

saya bingung dibuku saya dibuat simbiosis komensalisme mana yang benarya???

Unknown mengatakan...

Yg benar komensalisme

Eko Sulistyawan mengatakan...

Komensalisme menurut sains yg lama, cek di ensiklopedia keluaran 2010, fenomena di atas adalah mutualisme (hiu diuntungkan krn remora membersihkan dari bakteri/jamur)

Unknown mengatakan...

Terima kasih info nya sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Yg bener komensalisme?

Posting Komentar