Mengapa Ikan Giru atau Ikan Badut Tidak Tersengat Anemon ?

Diposting oleh Unknown on 28 Agu 2012



ikan giru atau ikan badut diantara tentakel anemon




   Anemon laut adalah binatang pemangsa. Anemon menangkap mangsanya, yang kebanyakan adalah krustacea dan ikan. Anemon melumpuhkan mangsanya dengan tentakelnya yang terdiri atas sel-sel sengat. Jika seekor ikan tertangkap, mangsa itu digiring ke mulut dengan tentakelnya, lalu dimakannya. Tetapi ikan giru atau ikan badut dengan aman hidup di antara tentakel anemon; inilah contoh terkenal tentang simbiosis mutualisme karena masing-masing memperoleh manfaat.

    Ikan Giru atau Ikan badut tidak terlahir kebal terhadap sengat anemon, tetapi dengan cermat mengembangkan suatu kekebalan. Ketika untuk pertama kalinya mendekati anemon laut, ikan gitu itu dengan hati-hati menyentuhkan ekornya ke tentakel anemon dan kemudian menariknya dengan cepat. Setelah menyentuh berulang kali selama kira-kira satu jam, suatu lapisan mukus anemon telah berpindah ke ikan giru atau ikan badut. Sesudah itu, ketika anemon tersentuh ikan giru atau ikan badut, tentakelnya tidak dirangsang untuk menyengat.


sumber: Hamparan Dunia Ilmu Time-Life

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar