Mengapa Katak Pohon Berubah Warna ?

Diposting oleh Unknown on 23 Agu 2012


Katak





   katak pohon serta beberapa amfibi lain dapat berubah warna sebagai saran perlindungan. Katak pohon dapat berbubah warna menjadi hijau ketika bertengger di antara daun hijau, menjadi cokelat berbintik-bintik sewaktu bergerak di antara daun cokelat. Warna perlindungan ini membuat katak sukar dilihat oleh pemangsa. Selain itu, kemampuan untuk berbubah warna itu juga membuat si katak sulit dilihat lalat, kumbang dan mangsa lainya sehingga serangga ini tidak sempat melarikan diri sebelum dimakan.

    Katak Phono  juga menyesuaikan suhu tubuh dengan berubah warna. Pada siang hari yang kering dan panas, katak dapat mencari tempat bertengger yang warnanya cerah. Kulitnya berubah menjadi lebih cerah dan memantulkan cahaya matahari sehingga tubuhnya menjadi dingin. Bila udaranya dingin dan basah, kulit katak berubah menjadi gelap dan menyerap panas.

    Perubahan warna itu dkendalikan oleh kelenjar pituitari di dalam otak. Kelenjar ini bekerja seperti termostat internal dan mengirimkan sinyal kimia ke sel kulit yang disebut kromatofor.

sumber: Hamparan Dunia Ilmu Time-Life

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar