Bagaimana Paramesium (Paramecium) Mencari Makan ?

Diposting oleh Unknown on 2 Agu 2012



  Paramesium (Paramecium) tergolong binatang yang paling sederhana dan paling kecil di bumi. Mahluk mirip sandal yang terdapat di mana saja di air tawar itu biasanya terlampau kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Walaupun sederhana, paramesium mencari makanan dan menelanya dengan binatang yang lebih besar dan lebih dikenal.

  Tubuh paramesium terdiri atas satu sel yang dibungkus dengan ribuan benanng pendek mirip rambut yang disebut silia atau rambut getar. Gerakan silia secara berirama menggerakan binatang kecil itu dan menarik makananya, yaitu binatang bersel satu dan tumbuhan kecil lainya. Meskipun tidak mempunyai mata dan hidung, paramesium dapat mengindra zat kimia di sekitarnya., antara lain zat kimia yang dilepaskan oleh makananya. Zat ini merangsang denyut listik di tubuh paramesium, lalu membuat silia memukul-mukul ke arah mangsa itu. paramesium bergerak ke depan sampai "rasa" kimia itu melemah. Kemudian ia membelok, bergerak ke depan lagi, dan mengulang-ngulangnya sehingga binatang itu tampaknya mengelilingi makanan tersebut dalam satu spiral yang semakin kecil dan akhirnya mencapai sasaranya.

  Setelah paramesium menemukan mangsanya, silianya menimbulkabn arus dan menyapu mangsanya, silianya menimbulkan arus dan menyapu makanan itu masuk ke lubang mulutnya. Kerap kali binatang itu menolak partikel yang bukan zat hara, dan seperti halnya binatang yang jauh lebih besar, paramesium lebih menyukai makanan tertentu daripada lainya.


(sumber: Hamparan Dunia Ilmu Time-Life)

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar