Simbiosis Mutualisme Semut dan Kutu Daun

Diposting oleh Unknown on 5 Agu 2012



Kutu Daun

  Jenis semut dan kutu daun tertentu memiliki hubungan yang disebut simbiosis. Dalam simbiosis, binatang yang berbdea jenisnya saling membantu. Kutu Daun adalah serangga kecil yang bergerak lamban dan hidup pada tumbuhan dan memakan nektar. Nektar itu dihisap dari batang pohon dengan mulutnya yang tajam dan panjang. Sewaktu dicerna, nektar berubah menjadi bahan manis yang disebut embun madu. Bahan ini kemudian dikeluarkan oleh Kutu Daun melalui organ yang disebut kornikula. Embun madu itu makanan kegemaran semut pemerah yang memakan sebanyak yang didapat dihasilkan oleh Kutu Daun itu. Dengan memelihara "ternak" kutu daun, semut memiliki cadangan pangan yang selalu siap sedia.
semut


  Untuk melindungi cadangan embun madunya, semut sangat memperhatikan kutu daun miliknya. Misalnya semut akan memindahkan kutu itu ke tempat yang banyak nektarnya dan apabila wilayah pencarian makanan itu menjadi terlalu padat, semut akan memindahkanya ke tempat yang lebih lega. Semut juga akan menyerang setiap serangga yang mencoba memakan kutu daun tersebut, sekalipun serangga itu lebih besar dari tubuh semut itu sendiri.

kepik serangga musuh kutu daun

   Ilmuwan belum memporleh kepastian kapan atau bagaimana hubungan istimewa ini dimulai. Akan tetapi, dengan ditemukanya semut serta kutu daun yang telah menjadi fosil bersama-sama, terbukti bahwa dua jenis serangga ini telah saling membantu sekurang-kurangnya sejak 30 juta tahun yang lalu.


sumber: Hamparan Dunia Ilmu Time-Life

Terima kasih telah membaca artikel di blog ini. Silakan copas dan sebarkan tetapi jangan lupa cantumkan link blog ini. ya. :)



Artikel Lain Yang Mungkin Anda Cari:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar